Jorong Beach

Jorong Beach

Jorong Beach merupakan pantai yang terletak di sisi tenggara pulau Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Tanah Laut, Propinsi Kalimantan Selatan. Pantai ini berada dalam area konsesi PKP2B PT. Jorong Barutama Greston, sehingga tidak semua orang dapat “menikmati” keindahan pantai ini. Untuk dapat memasuki areal Pantai Jorong, terlebih dahulu harus singgah di Security Check Point (Pos 1) PT, JBG yang berada di pinggir Jalan Nasional (KM 103) yang menghubungkan Banjarmasin ke arah Batulicin (LoE : 3º58’13,64″ S – 114º58’06,04″ E). 

Memasuki areal konsesi tambang batubara merupakan hal yang lumrah bagi saya, dan sesuai dengan SOP (dengan pengawalan SHE oficer dan menggunakan safety equipment standar), akhirnya saya melanjutkan tancap gas memasuki areal Kantor Induk (Main Office) PT. JBG  (LoE : 4º01’35,12″ S – 114º58’04,96″ E)…..

Skip….. kerja dulu …. I had to presented something in front of Summer Course Participants from University of Newcastle and other universities, .. and also the managements and staffs of JBG.

Setelah menunaikan tugas, akhirnya tiba waktu yang ditunggu-tunggu, yaitu Lunch time. Yup, makan siang di perusahaan ini memang mengasyikkan, karena untuk mencapai canteen, kita dapat melalui jembatan panjang yang melintasi rimbunnya pohon galam. Dan setelah beberapa menit berjalan kaki, akhirnya sampai juga di canteen (LoE : 4º01’57,49″ S – 114º58’11,97″ E), yang terletak di pinggir pantai Jorong. Dari canteen ini, kita dapat melihat proses barging batubara atau sekedar melihat tongkang batubara melintas di laut lepas.

Dan setelah kenyang, akhirnya dapat kesempatan untuk menikmati pemandangan di Pantai (LoE : 4º01’58,51″ S – 114º58’14,41″ E). Pantai ini merupakan kandidat pantai wisata unggulan di Kabupaten Tanah Laut, karena memang perusahaan merencanakan bahwa setelah penutupan tambang (Post Mining-Closure) area konsesi PT JBG akan dtijadikan tujuan wisata pantai dan konservasi galam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *