East & North Pulau Laut

Kembali ke Pulau Laut ….. Trip kali  ini, saya lakukan bersama tim BEMIRAL  Adapun tujuan utamanya adalah melaksanakan survei tinjau dan sampling di wilayah administrasi Kecamatan Pulau Laut Utara. Seperti biasa, perjalanan ke Kotabaru dimulai dari Banjarbaru dengan menggunakan mobil,.

Setelah menginap di salah satu hotel di Kotabaru, pagi ini kami bergerak menuju sisi timur Pulau Laut, yaitu daerah Berangas dan sekitarnya (LoE : 3°23’01.14″ LS 116°14’19.33″ BT).

Karena kami berangkat pada saat hari masih sangat pagi, pemandangan matahari terbit di lepas pantai yang di sisi timur Pulau Laut mendominasi pemandangan di sepanjang perjalanan kami. Sambil melanjutkan survei tinjau dan sampling yang kami lakukan hari ini, panorama khas pulau-pulau nusantara tercinta selalu memanjakan mata…. pantai di laut lepas di selat makasar di sebelah timur, dan gunung bamega di sisi barat …. what a wonderful island….

Selanjutnya, (LoE : 3°19’59.94″ LS 116°15’46.51″ BT),  pantai Teluk Gosong (LoE : 3°19’05.92″ LS 116°15’48.98″ BT),  Gedambaan (LoE : 3°17’36.33″ LS 116°16’03.10″ BT) , Sarang Tiung, (LoE : 3°16’18.29″ LS 116°16’14.64″ BT) dan deretan pantai di sepanjang sisi luar pulau silih berganti memanjakan mata.

Sebenarnya di bagian utara Pulau Laut ini terdapat pelabuhan batubara milik Arutmin Indonesia (NPLCT), yang sebagaimana coal port yang lain, dapat dipastikan memiliki pemandangan indah khas laut lepas. Namun karena memang obvitnas ini tidak masuk dalam skenario survei kami kali ini, kami pun melanjutkan perjalanan menuju kembali Kotabaru.

Setelah memasuki Kotabaru, kami langsung melanjutkan perjalanan ke arah selatan. Tujuan selanjutnya adalah daerah Gunungsari, Sebelimbingan. Di tengah trip kali ini, kami kembali mendapatkan salah satu destinasi unik, yaitu Kawasan Hutan Meranti (LoE : 3°19’57.20″ LS 116°10’20.48″ BT).

Namun sayang sekali, karena pada saat kami hendak masuk, ternyata Kawasan Ekowisata Hutan Meranti tersebut masih ditutup untuk perbaikan, jadi kami hanya bisa “mengintip” keindahan kawasan ini dari luar. -:(

Tidak jauh dari kawasan hutan meranti ini, saat melakukan tracing float di daerah Sebelimbingan, kami menemukan riam kecil yang disebut oleh penduduk sekitar Air Terjun Tumpang Dua.